Sergino Dest pernah menolak tawaran membela timnas Belanda ketika dilatih Ronald Koeman. Tetapi kini, Dest dan Koeman bekerja sama di Barcelona.

Dest memiliki darah Belanda dari sang ibu sementara ayahnya warga negara Amerika Serikat. Hal ini membuatnya memiliki dua kewarganegaraan.

Pesepakbola kelahiran Almere itu pernah mendapatkan panggilan dari Timnas U-15 Belanda sebelum memutuskan membela AS di level U-17 dan U-20.

Kunjungi Website Livescore Pertandingan Sepakbola

Saat masih menangani timnas Belanda, Koeman ternyata pernah menawari Dest membela Tim Oranye. Namun, Dest menolak dan lebih memilih mengenakan seragam AS.

“Saya pernah berbicara dengannya tentang membela timnas Belanda. Tapi akhirnya dia memutuskan Amerika Serikat. Tak masalah karena itu bagus untuk sepak bola Amerika,” kata Koeman seperti dikutip Evening Standard.

Keinginan Koeman melatih Dest akhirnya terwujud setelah Barcelona resmi merekrutnya. Bek 19 tahun itu terikat kontrak hingga Juni 2025.

Musim lalu Dest bersinar bersama Ajax dengan catatan dua gol dan enam assist dari total 36 pertandingan di semua kompetisi.

Dest jadi pemain pertama yang murni hasil rekomendasi Koeman. Sebelumnya, Koeman gagal mendatangkan gelandang Donny van de Beek yang memilih hijrah ke Manchester United.

Saat ini, revolusi Barcelona di bawah komando Koeman masih berencana mendatangkan winger Belanda yang bermain untuk Lyon, Memphis Depay.

Piala Dunia 2020

Sergino Dest: Tolak Koeman di Timnas Belanda, Jumpa di Barca